UN, hadapi saja  

Posted by berzerk! in

pendidikan semakin semrawut saja. pendidikan di indonesia terlalu "menumpuk", terlalu banyak yang harus kita pelajari. apa hasilnya ? bukannya masuk, ilmu-ilmu malah berceceran keluar karena "wadah"nya ga cukup buat nampung ilmu itu secara bersamaan. saking banyaknya, anak-anak pun menjadi malas belajar, dan "wadah" pun menjadi kosong, tak berisi ilmu. beda kalau di luar negeri, coba aja anak indonesia yang rajin belajar (ga usah terlalu pinter) suruh sekolah di luar negeri, pasti rangking 1, karena pelajaran SMP baru dipelajari di SMA kalau di luar negeri.

sekarang semakin ngaco aja. kelulusan bukan ditentukan oleh sekolah, melainkan oleh Ujian Nasional. dulu sih oke-oke aja, pelajaran hanya matematika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris. tapi sekarang ? ditambah jadi 6. tidak hanya sampai disitu, kalau tidak lulus UN, maka anak yang tidak lulus tersebut tidak bisa mengulang sekolah. ini yang membuat saya tidak henti-hentinya memikirkan 'keanehan' ini.

kalau anak tidak naik kelas, bisa mengulang di sekolah tersebut, dan bisa mengikuti Ujian Nasional.
kalau anak tidak lulus Ujian Nasional, tidak bisa mengulang di sekolah tersebut, dan harus mengikuti Ujian Persamaan Paket-C, tidak bisa lagi mengikuti Ujian Nasional.

setelah dipikir, aneh ya. tidak naik kelas kan lebih memalukan daripada tidak lulus Ujian Nasional, tapi masih bisa mengikuti Ujian Nasional. lha ini yang tidak lulus Ujian Nasional tidak bisa mengikuti Ujian Nasional lagi, dan harus mengikuti Ujian Paket-C. benar-benar aneh.

apalagi tahun sekarang, benar-benar kacau. Ujian Nasional 2010 secara tiba-tiba dimajukan ke bulan Maret, tanpa alasan yang jelas. ditambah lagi sekarang anak-anak yang harus "mengunjungi" sekolah orang lain, kalau yang sebelumnya kan guru-guru yang "mengunjungi" sekolah lain. yang paling menakutkan, yang bikin soal Ujian Nasional 2010 adalah dari perguruan tinggi, bukan lagi dari guru. yang dari guru aja masih ada yang ga lulus, gimana dari perguruan tinggi ya ?

sudah jelas, beban kita, para pelajar, semakin bertambah. udah mah harus belajar yang sangat banyak, kita harus "mengunjungi" sekolah lain, ya pastinya sebelum mulai mengerjakan soal-soal UN udah kerasa cape duluan karena ga biasa ke sekolah orang lain, belum lagi harus beradaptasi dengan tempat ujian, soal-soalnya dibuat dari perguruan tinggi pula, ah parah.

hei, pernahkah terlintas di pikiran Anda, apa manfaat dari sistem pendidikan kita ? kalau kita bandingkan sistem pendidikan di Indonesia dengan negara lain, sangat berbeda. di Indonesia, kita belajar materi yang sangat banyak dalam waktu yang singkat, lalu hasilnya ? tetap saja kita tidak bisa bersaing dengan negara lain. beda dengan negara maju (sebut saja Amerika atau Inggris), mereka tidak belajar materi yang banyak, tidak ada UN, setelah lulus kelas 3 ya sudah lulus saja, ga ada UN atau semacamnya, dan hasilnya ? sangat berbeda jauh dengan negara kita, mereka mampu menjadikan negaranya menjadi negara maju dan terkemuka.

saya jadi ingat pelajaran agama, tentang perilaku adil. "segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik", dan ternyata memang benar, sistem pendidikan kita yang berlebihan itu tidak baik. inilah akibatnya bila segala hukum dan keputusan tidak mengacu kepada Al-Qur'an dan Hadist.

lalu, apa yang harus kita lakukan ? demo ? yah, udah tau lah orang pemerintahan kayak gimana, kalau masyarakat demo itu bagi pemerintah bagaikan anjing yang menggonggong, didiemin aja. mogok sekolah se-indonesia ? kita yang rugi dong, udah bayar sekolah tapi ga sekolah, yey. maka dari itu, kita tidak punya pilihan lain, selain maju terus. hidup itu seperti gunung, setelah menanjak pasti ada turunan, maka dari itu setelah ada kesulitan pasti ada kemudahan. hadapi saja apa adanya, toh inti dari kehidupan manusia adalah untuk mencari bekal di akhirat nanti. semoga kita diberi kemudahan untuk segala masalah yang kita hadapi. amiin.

we gotta move on, there's no turning back now. prepare everything, study hard, always pray to Allah, and when the time comes, give it your best shot !

This entry was posted on Wednesday, November 25, 2009 at Wednesday, November 25, 2009 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment